Penanganan Pengobatan Pasca Kandang

Bersambung dari artikel kemarin tentang " Konsep Sebelum Beternak". kemarin telah saya sampaikan sedikit konsep kebutuhan akan gizi untuk memenuhi produksi ternak.nanti kita bahas lebih lanjut tentang managemen pakan komplit yang berdasarkan populasi ternak dan Sumber Daya Alam.yok nyimak bersama he he !!! Yang belum nyimak tinggal klik link diatas..
 Managemen Pakan dan Pengobatan
setelah kita putuskan proyeksi dan populasi..trus apakah ketersediaan pakan aman.. dalam arti ada kontinyu..saya pernah dengar dari salah satu peternak besar dengan populasi ratusan beliau bilang sebelum beternak terlebih dahulu siapkan stock pakan...ya itu benar karena banyak peternak diantara kita yang terlalu berambisi dalam populasi tapi tidak memperhitungkan ketersediaan pakan apakah mencukupi ??...yang terjadi tetap maksa alhasil bingung sedangkan pakan tidak mencukupi,lalu bagaimana dengan yang gak punya lahan pakan mau apa? Kembali lagi memanfaatkan sumber daya alam sekitar yang ada limbah pasar,limbah pertanian..ya jangan dikata dengan orang yang berkantong doraemon he he dia bisa membebaskan lahan dengan memanfaatkanya menanam rumput kelas.maunya sih gan he he mudah mudahan kelak bisa.lalu bagaimana dengan memanfaatkan limbah pertanian saja dan cara meramu mengolahnya menjadi pakan kualitas (compleed feed)..???
oke langsung ke pembahasan:
Limbah pertanian yang ada disekitar kita manfaatkan.stop dulu jangan berangan-angan bahwa memanfaatkan limbah ini selalu dengan kata fermentasi...no no..yang kita bahas bukanya masalah label,yang kita pelajari akan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kelangsungan hidup dan produksi.saya ambil contoh limbah yang ada tebon jagung,jenggel,kulit kacang dan jerami semua ini hanya sebagai seratnya,kita lengkapi dengan bahan sumber karbohidrat apa,biasanya yang mudah disekitar kita bekatul,ampas tahu, bungkil kacang sebagai pelengkap sumber protein.
contoh buat menu penggemukan domba membutuhkan minim PK 11-13% dan TDN 60%  pemberian 3-5% x bobot sudah bisa mencukupi untuk nduut.jika diaplikasikan untuk pembibitan pemberian cukup 2% lainnya serat rumput. Aplikasi compleed feed pagi sebelum rumput.memberi sumber energi untuk kebutuhan mencerna bahan pakan.dalam pembuatan pakan komplit ini komposisi serat 45% karbohidrat+protein 45% vitamin ADE 2% Mineral 1,5% garam alami 0,5% dan tetes 7% air 2,5% (semi kering) ini pakan tahan lama kandungan air sedikit dan tetes 7%.hendaknya sebelum dikemas sak pakan biarkan tersusun ditempat pembuatan diangin-anginkan semalam besoknya dicampur merata bisa langsung dikemas.
Penanganan pasca sakit,yang sering dialami hewan berlambung empat yang sangat fatal ialah masalah bloat(kembung) mungkin sudah banyak diantara agan-agan yang bisa menangani dari pengobatan alami maupun obat medis khusus Ruminansia.kembung itu dikarenakan timbunan gas berlebih dalam perut.biasanya karena unsur pakan dalam pemberian sumber energi berlebih dan pakan rendah serat 0,3% - 2% bahan seperti biji jagung,bekatul halus super dalam porsi berlebih.atau juga faktor legume(ramban) yang basah,rumput pagi yang masih mengandung embun.lebih baiknya demi keamanan dilayukan terlebih dahulu.untuk ternak awal masuk kandang harus dibiasakan dengan pemberian bertahap porsi makanya terus ditingkatkan bertahap dari hari kehari.untuk penanganan sakit lainya mudah banyak rekomendasi dari peternak lain..atau dari pengalaman lapangan sendiri lain kali saya tuntaskan satu persatu dengan stepmen judul yang sesuai,sedikit tapi mudah dicerna..episode berikutnya pembuatan pakan dan cara menghitung nilai gizi.
bersambung klik Pengobatan Domba Kambing
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Penanganan Pengobatan Pasca Kandang"